Pages

Minggu, 20 November 2011

Masjid Pogung Dalangan 4

Sepertinya masjid ini menarik hati saya sehingga semuanya mengalir begitu saja dan tanpa rekayasa. Rasa ingin menuangkan dalam tulisan sangat kuat karena semua ini untuk perbaikan diri, semoga 4JJ memberikan kebaikan dibalik semua ini.

Imam masjid masih muda dan penuh gairah, hapalan yang luar biasa dan bacaan yang tartil, beberapa kekurang sangatlah wajar dan ada kesempatan yang luas untuk diperbaiki dan ditingkatkan sehingga menjadi lebih baik. Seperti yang terdahulu pernah diusulkan bahwa diadakan pelatihan untuk para imam terutama para muda yang berpotensi dalam hal lagu dan lafadz huruf hijaiyyah sehingga bisa konsisten dan enak didengarkan.

Para imam muda yang baik, alangkah indah jika dapat dijadikan contoh untuk jamaah terutama pada saat setelah selesai memimpin sholat berjamaah maka melakukan sholat sunnah ba’diyah. Memang sunah tidak harus dikerjakan tetapi bukannya kita harus mencintai sunnah yaitu dengan malaksanakannya. Kebanyakan yang terjadi adalah para imam muda ini langsung saja berdiri dari tempat imam dan langsung menuju ke bagian belakang untuk bertemu dengan teman dan mengobrol ringan. Alangkah baik dan indahnya jika para imam tersebut terlebih dahulu melaksanakan sholat sunnah ba’diyah sehingga dapat menjadi contoh yang baik untuk jamaah lainnya. Sungguh sayang jika hapalan yang baik tidak diikuti oleh ibadah tambahan yang lengkap. Apalagi ketika setelah memimpin sholat kegiatan para imam muda terlihat tidak serius dalam dzikir seolah melihat kesana kemari kemudian melakukan tindakan yang seperti layaknya salah tingkah memegang janggut dan lain sebagainya. Kewajiban imam tidak hanya ketika memimpin sholat tetapi berlanjut pada setiap tindak dan laku yang melekat terus setiap saat.

Tetap semangat para muda, kalian masih punya banyak kesempatan dan masih jauh perjalanan menuju hal-hal yang positif. Terus berkarya sebelum datang waktu sempitmu. Wallohu ‘alam bishowab.

2 komentar:

  1. mungkin itu sholat sunnahnya di rumah, karena memang sholat itu lebih baik di rumah kecuali sholat fardhu. Dalam salah satu hadits disebutkan kalau sholat sunnah di rumah pahalanya 8 x sholat di masjid,,karena sholat di rumah itu tidak terlihat oleh orang banyak, jadi kita berhusnuzhan saja,,tapi akan sangat bagus lagi kalau masukan2 Anda bisa disampaikan ke mereka,,tul ndak? jadi kan bisa saling mengingatkan,,,tapi bagus kok,,lanjutkan!

    BalasHapus
  2. matur nuwun...untuk saudara seiman

    BalasHapus