Pages

Senin, 17 Oktober 2011

Masjid Pogung Dalangan 2

Yang menjadi perhatian berikutnya adalah para Imam yang memimpin sholat wajib disetiap waktunya. Sungguh mengesankan dan salut untuk para pemuda yang semangat dengan hapalan Qur’an yang boleh dibilang tidak sedikit dan masih jarang yang tertarik untuk melakukan hal yang sama yaitu menghapal ayat-ayat 4JJ yang manfaatnya tidak dapat dirasakan langsung oleh pelakunya. Rasanya saya tidak memiliki semangat melakukan hal tersebut ketika masih seusia mereka. Sungguh patut dijadikan contoh karena bekal demikian yang dibutuhkan nanti ketika mereka terjun ke dalam masyarakat sebagai pribadi dewasa yang harus mampu memberi warna disetiap lokasi mereka berdiam dan bertempat tinggal. Menjadikan suri tauladan sikap dan perilaku karena banyak hapalan yang melekat pada dirinya sehingga akan sangat memberikan pengaruh pada perilaku hidup dan kehidupannya. Malu dong kalau hapalan Qur’annya sedemikian dahsyat (setidaknya bagi saya karena saya mengalami kesulitan dalam menghapal Qur’an) tetapi perilakunya tidak mencerminkan perilkau qur’ani.

Ada hal yang sedikit saya sarankan atau usulkan yaitu; untuk memberikan mereka pengetahuan tentang lagu dalam membaca ayat-ayat qur’an. Kalau menurut saya ada nada-nada yang tidak konsisten sehingga terkesan asal memiliki alunan yang berkelok-kelok, atau ada juga yang mirip dengan nasyid yang bisa jadi karena kesukaannya dengan hal tersebut, bahkan ada yang membuat nada-nada sendiri sehingga terlihat kebingungan dalam naik dan turunnya suara yang berakibat mengahasilkan alunan ayat qur’an yang kurang harmonis, ada pula yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, yang lebih menggoda lagi adalah penggunaan alunan seperti yang sedang belajar membaca oleh anak usia dini. Belum lagi permasalahan dengan pernafasan sehingga suara yang keluar benar-benar utuh dan bisa memberikan nuansa rasa yang masuk dalam hati yang dalam untuk yang mendengarnya. Bukankah 4JJ itu indah dan suka yang indah-indah, jika saja harmoni yang dihasilkan benar-benar harmonis maka akan menghasilkan keindahan dan menambahkan kekhusu’an dalam mengahadap Sang Khalik. Alangkah bijaksana jika para pengurus masjid mengalokasikan dana yang terkumpul dari umat untuk memberikan mereka pelatihan agar menjadi lebih baik.

Tetapi diantara sekian banyak hal yang demikian ada saja satu atau dua orang yang sudah memiliki kemampuan untuk membaca ayat-ayat 4JJ dengan baik yang tentunya juga benar...Alhamdulillah, terus dipertahankan dan ditingkatkan...Semoga 4JJ memberikan keberkahan yang melimpah...Amin

1 komentar:

  1. terima kasih atas nasihat -nasihat yang telah diberikan kepada kami. jazaakallohu khoiron
    penunggu MPD

    BalasHapus